NOIR

Mengenal bahan katun atau kapas

Siapa yang tidak mengenal bahan katun atau kapas? banyak yang melihatnya ada di tag produk atau dilabel produk seperti 100% cotton/katun dan lain-lain. Tapi apa semuanya tahu apa itu katun? darimana asalnya? bagaimana prosesnya? apa keunggulannya dari bahan lain?

Tanaman Kapas

Mengenal bahan katun atau kapas

Katun atau kapas adalah serat harus yang menyelubungi biji kapas. Kapas adalah tanaman semak yang berasal dari wilayah tropis dan sub-tropis. Serat kapas dipintal dan ditenun menjadi bahan pakaian atau biasa disebut bahan katun. Beberapa orang di Indonesia masih banyak yang menyangka kapas dan kapuk sama. Namun hal ini keliru karena kapuk seratnya lebih kasar dan berasal dari tanaman yang berbeda.

Baca juga: Mengenal bahan denim

Bagaimana katun atau kapas diproses

Serat kapas adalah komoditas yang berharga. Dari 100 % serat kapas yang diproses hanya menghasilkan 10 % yang dapat digunakan sebagai material barang baku berbagai produk. Jika lemak, protein, lilin, dan residu lainnya dihilangkan maka akan menghasilkan polimer selulosa alami. Proses ini yang menghasilkan mutu produk akan baik atau tidak.

Memintal Kapas

Negara mana saja yang menghasilkan kapas terbesar?

India

India adalah penghasil kapas terbesar di dunia, India menghasilakan kapas sebesar 5.748 juta metrik ton. Di India kapas sudah menjadi komoditas perdagangan sejak jaman kuno.

China

China menghasilkan kapas sebesar 4.790 juta metrik ton. China pernah menjadi pemain kapas terbesar di dunia. Sebelum 1982, China menghasilkan 20% kapas untuk seluruh dunia lalu posisi ini disalip oleh India pada tahun 1982.

Amerika Serikat

Amerika Serikat mampu menghasilkan kapas sebesar 2.806 juta metrik ton. Selain jumlahnya yang cukup besar Amerika Serikat memiliki teknologi untuk menghasilkan bahan katun terbaik.

Apakah di Indonesia ada kapas?

Jawabnya ada, tapi tidak banyak. Pohon kapas memerlukan musim kering yang panjang untuk hasil terbaik. Sebagian besar wilayah Indonesia kelembapan dan curah hujannya cukup tinggi sehingga kurang cocok untuk budi daya kapas. Kabar baiknya ada beberapa daerah yang memiliki curah hujan yang sedikit dan dapat mem-produksi kapas, wilayah itu adalah Nusa Tenggara Timur. Ini yang menyebabkan Indonesia masih menggantungkan impor untuk produksi tekstil.

Keunggulan bahan katun atau kapas

  1. Bahan katun menyerap keringat lebih baik
  2. Katun adalah bahan alami yang berarti dapat terurai dengan baik karena oleh faktor alam
  3. Terasa sejuk dikulit saat dipakai di musim panas

Baca juga: 5 langkah cara mencuci bahan atau kain katun

Sebagai brand yang mendukung gerakan sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan, NOIR menyediakan koleksi yang dibuat dari bahan katun. Untuk melihat-lihat koleksi dari NOIR klik disini.

Catatan kaki:

Wikipedia – Kapas

Liputan 6 – 10 Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia

 

Exit mobile version