Barbershop Panggilan Alternatif Layanan Pangkas Rambut di Era Pandemi Covid-19

Barbershop panggilan kini menjadi alternatif layanan pangkas rambut di era pandemi covid-19. Pandemi ini memang berhasil memukul telak sendi-sendi ekonomi masyarakat, banyak usaha dan bisnis yang tidak bisa beradaptasi dengan keadaan harus berhenti sementara atau bahkan gulung tikar. Bagi customer-pun juga dilanda kebingungan, apa aman bila harus ke barbershop di masa pandemi seperti ini? Padahal tampan itu tidak bisa menunggu😝.

Barbershop Panggilan

Barbershop Panggilan

Tidak menyerah dengan keadaan, barbershop berinovasi agar tetap bisa melayani kebutuhan customer. Selain dengan mengetatkan protokol kesehatan di toko, kini barbershop panggilan atau pangkas rambut panggilan menjadi cara alternatif bagi barbershop untuk menghadapi dampak pandemi covid-19. Dengan membuat janji terlebih dahulu kini barber akan datang ke rumah kamu.

Begitu juga dengan barbershop milik Gilang Perdana di Bandung. Sikasep Barber & Shop selain menerapkan protokol kesehatan di toko, Sikasep Barber & Shop juga dapat melayani barbershop panggilan agar kamu tetap bisa memangkas rambut selama dirumah tentu dengan protokol kesehatan dan beberapa kondisi khusus yang perlu dipenuhi.

Noir Team mewancarai Gilang Perdana selaku pemilik Sikasep Barbershop bagaimana upaya Sikasep Barber & Shop dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan kiat-kiat apa yang perlu dilakukan customer apabila ingin memangkas rambut di toko ataupun melalui barbershop panggilan dirumah. Berikut wawancaranya:

Noir Team

Selamat siang Kang Gilang, apa kabar?

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Baiik alhamdulillah

Noir Team

Kita tahu saat ini beberapa kota masih dalam status PSBB untuk memutus rantai penularan covid-19, sedangkan kebutuhan ketampanan harus tetap terjaga. Apakah aman untuk tetap ke pangkas rambut disaat seperti ini atau ada solusi lain agar tetap tampan disaat seperti ini?

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Menurut saya, selama orang masih melakukan aktivitas nya, seperti kerja/usaha dll yang berhub dgn sosial (meski dibatasi/new normal), maka selama itu pula lah kebutuhan merawat diri, seperti contohnya pangkas rambut, tetap menjadi kebutuhan. Solusinya, benar2 riset/cari tempat cukur yang benar2 paham akan pentingnya sanitasi/kebersihan dan menjalankan protokol kesehatan anti covid dgn ketat. “Barber on call”, layanan cukur panggilan bisa juga jadi alternatif, ketika zona didaerah kita masih kuning/merah. Tentu dgn protokol kebersihan/kesehatan yang juga ketat, kelebihan nya barber on call akan lebih ekslusif, alatnya biasanya lebih terjaga, dan tempat juga bisa kita yang mengkondisikan. The show must go on. Lain hal nya apabila Lockdown.. hehe

Noir Team

Biasanya, apa saja yang harus diterapkan barbershop untuk menjalankan protokol kesehatan anti covid?

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Ideal nya Update berkala/daily kesehatan barberman, barber tingkatkan imun dgn makanan sehat, olahraha dan berjemur, rajin cuci tangan sebelum sesudah bercukur, apd standar untuk barber (masker, bisajg face shield), kebersihan toko, kebersihan alat cukur dgn disinfektant, gun termo untuk pengunjung, handsanitizer untuk pengunjung dan barber, melakukan pembatasan sosial di dalam toko jika ada antrian setiap 1 meter, merekomendasikan booking waktu.

Noir Team

Keren, lalu dari sisi customer apa yang perlu disiapkan menurut Kang Gilang sebelum datang ke pangkas rambut?

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Kesehatan dirinya bro. Bawa masker earloop agar memudahkan proses cukur. Kalo sakit dirumah aja istirahat hehe

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Kalo bs keramas dulu sblm k barber

Noir Team

Informasi bagus, Kang. Soal barber on call sangat menarik sekali, alternatif layanan di kebiasaan baru (The New Normal). Untuk barber on call sendiri bagaimana prosedurnya dan apa saja yang perlu disiapkan customer dirumah agar aman dan hasilnya memuaskan?

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Prosedur kesehatan tetap sama dgn di toko bro. mulai dr barber, alat. Kelebihan nya kostumer dirumah aja, tentu lebih mencegah penyebaran wabah. Tentu tak ada jaminan aman, hanya tetap ikhtiar, namanya juga PSBB, tetap harus ON dimasa krisis. Masalah hasil, balik lagi ke konsultasi pihak kostumer dan barber sprti biasa

Noir Team

Adakah spot khusus atau kondisi yang perlu disiapkan customer dirumah?

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Yup. Idealnya, kalo mau hasil optimal, spot harus terkena cahaya matahari, baik langsung atau tidak, atau cahaya lampu memadai. Karena pekerjaan pangkas rambut itu bukan cuma ttg kerapihan, tapi juga detail. Selain itu kursi agak tinggi dan bbrpa meja juga colokan listrik.

Noir Team

Baiklah, ternyata untuk tetap aman di masa pandemi ini memang membutuhkan peran aktif antara pemilik usaha dan customer. Tentu informasi yang kita bahas tidak menjamin 100% aman tapi apa yang kita bicarakan hari ini adalah salah satu ikhtiar kita untuk mengurangi resiko penularan covid-19. By the way selama masa pandemi ini pernah ada permintaan-permintaan aneh-aneh ndak dari customer? Atau gaya rambut apa yang populer di masa pandemi ini? hehehe

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Betul sekali 👍
Masa pandemi sebenernya yg penting rapi.
Paling yg lg pop skg gaya rambut korea, seperti two block

Noir Team

Hahaha, Sukses terus untuk Sikasep Barbershop, semoga pandemi covid 19 segera berakhir dan semua bisa kembali normal. Eh iya gimana caranya kita ke klo mau maen ke Sikasep Barbershop? Boleh minta alamatnya? atau mungkin disini ada yang mau barber on call bisa hubungi kemana?

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Sikasep Barbershop, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Bandung City, West Java 40293
0812-8186-2000

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Baber on call khusus bandung bisa ke 081281862000 bro

Gilang Perdana

Gilang Perdana

Hehe aamiin.. sukses trs jg untuk noir.. semakin bejaya

Noir Team

Siap, terima kasih Kang Gilang untuk waktunya, seneng banget jadi tau apa yang harus dipersiapkan ketika mau ke barbershop. Kapan-kapan mungkin kita bisa bertemu dan ngobrol kembali. Insya Allah. Terima kasih terima kasih terima kasih. Stay safe dan stay healthy!

Itulah hasil wawancara Noir Team dengan Gilang Perdana Pemilik Sikasep Barber & Shop. Agar tetap aman dalam mamangkas rambut  dibutuhkan upaya dari pemilik maupun customer barbershop. Pemilik barbershop dapat menerapkan protokol kesehatan di tokonya, customer-pun harus tahu apa yang perlu dilakukan agar #SamaSamaAman, seperti jika tidak sehat tidak usah dipaksakan untuk ke barbershop, gunakan masker earloop, dan jika bisa keramaslah sebelum pangkas rambut.

Customer perlu memilah mana barbershop yang menerapkan protokol kesehatan mana yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Segera jauhi semua tempat-tempat yang tidak menerapkan protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Kiat-kiat ini tentu tidak 100% menjamin kamu aman dari virus Corona, setidaknya kiat-kiat ini adalah sebuah ikthiar untuk mengurangi resiko tertular virus Corona. Stay safe and stay healthy, gentlemen!

Untuk menyimak lebih banyak Noir Reports sesi khusus wawancara klik disini.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *