5 langkah cara mencuci bahan atau kain katun

Katun adalah bahan pakaian yang paling sering kita jumpai, selain mudah dirawat bahan katun disukai karena sejuk dikenakan. Namun apabila kita salah dalam merawat pakaian berbahan katun, pakaian akan cepat rusak dan pudar. Berikut kami sajikan 5 langkah cara mencuci bahan atau kain katun.

Baca juga: Mengenal bahan katun atau kapas

Cara Mencuci Bahan atau Kain Katun
Ilustrasi merawat pakaian dari bahan katun

Cara mencuci bahan atau kain katun

1. Perhatikan label perawatan di pakaian Anda

Setiap pakaian yang ada di pasaran pasti menyertai label perawatan di pakaian Anda, label tersebut bisa ada di bagian pinggang dalam sebelah kiri atau juga di balik pakaian bagian pundak. Katun sendiri mempunyai karakteristik yang berbeda-beda tergantung bagaimana katun itu diproses, teknologi yang digunakan ataupun kualitas kapas sebagai bahan bakunya. Cara terbaik adalah memperhatikan dan merawat sesuai dengan label perawatan di pakaian Anda. 

2. Cuci di bawah suhu 30 derajat celcius

Bahan katun dapat menciut dan kusut jika dicuci diatas suhu 30 derajat celcius, pastikan cuci dengan air dibawah suhu 30 derajat celcius baik jika menggunakan mesin cuci ataupun menggunakan proses perendaman dan cuci menggunakan tangan.

3. Kibas dengan lembut

Sebelum mengengeringkan pakaian dengan bahan katun setelah diproses pencucian kibas dengan lembut pakaian Anda hingga kembali ke bentuk semula. Cara ini mencegah bahan katun kusut. Jangan terlalu kencang agar pakaian Anda tahan lama.

4. Keringkan jauh dibawah paparan sinar matahari

Jika memungkinkan bahan katun jangan dikeringkan langsung dibawah paparan sinar matahari, dengan mengeringkan pakaian dengan bahan katun dibawah paparan sinar matahari warna pakaian akan cepat pudar dan usia pakaian pun semakin singkat. Jika tidak memungkinkan bisa jemur dengan cara membalik pakaian agar warna pada permukaan luar pakaian dapat lebih terjaga.

Baca juga: Cara merawat pakaian hitam

5. Hindari penggunaan pemutih atau bleaching

Pemutih atau bleaching adalah zat kimia yang biasa digunakan untuk mengembalikan warna putih pakaian Anda. Jangan terlalu sering menggunakan pemutih atau bleaching agar bahan katun usianya lebih panjang.

Demikian 5 langkah cara mencuci bahan atau kain katun dari NOIR. Bahan katun adalah salah satu bahan alami dalam pembuatan pakaian. Bahan katun lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan sintetis. Karena sejatinya bahan katun lebih mudah terurai oleh faktor alam yang berarti menggunakan kain katun juga ikut mendukung program sustainable fashion. Belanja pakaian bahan katun dari NOIR klik disini.

Catatan kaki:

Love Your Clothes – How to care for cotton

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *